Mercedes Kena Sial, Verstappen Juara di Austria

Sesi balapan Formula One (F1) yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring dalam rangkaian GP Austria hari Minggu (1/7) kemarin memang sangat mengejutkan. Memulai start di posisi kelima, Max Verstappen justru keluar sebagai juara. Pebalap Belanda berusia 20 tahun itu mampu membawa mobil Red Bull miliknya melaju di posisi terdepan dengan catatn waktu satu jam, 21 menit dan 56,024 detik.

 

Apa yang diraih Verstappen ini memang membuatnya senang karena merupakan kemenangan pertamanya di musim 2018 setelah sembilan seri balapan berlangsung. Kini Verstappen sudah empat kali menjadi juara seri GP F1 sejak pertama kali berkarier profesional di F1 pada tahun 2015 ketika masih belum genap 18 tahun.

 

Dengan catatan waktu itu, Verstappen mengungguli seniornya yang menempel ketat di belakang yakni duo Ferrari, Kimi Raikkonen serta Sebastian Vettel. Hasil ini juga membuat persaingan juara F1 menjadi berubah karena Vettel memimpin di puncak klasemen dengan total 146 poin. Raihan Vettel ini hanya satu poin lebih banyak dari Lewis Hamilton di peringkat kedua.

 

Bicara soal Verstappen, prestasi pria kelahiran Belgia ini memang luar biasa mengingat usianya yang masih muda. Sepanjang sejarah F1, Verstappen tercatat sebagai pebalap termuda. Dirinya juga jadi juara F1 termuda saat meraih podium tertinggi di GP Spanyol tahun 2016 silam waktu masih berumur 18 jelang 19 tahun. Apakah nantinya Verstappen akan bisa mencetak prestasi memukau lagi di tengah para pebalap senior? Patut dinantikan.

 

Vettel Sempat Kuasai Latihan Terakhir

 

Finish di posisi ketiga dan bisa meraih poin mengungguli Hamilton adalal hal terbaik yang bisa dilakukan Vettel di Austria. Namun jika melihat hasil latihan bebas, tentu ini kurang memuaskan karena pebalap Ferrari itu menutup seri latihan bebas GP Austria hari Sabtu (30/6) dengan finish terdepan. Vettel saat itu mencatat waktu terbaik di Spielberg dengan satu menit 4,070 detik.

 

Bahkan bisa dibilang kalau latihan bebas terakhir akhir pekan lalu adalah momen yang sulit bagi Red Bull. Dilaporkan jika baik Verstappen dan Daniel Ricciardo cukup sulit bisa menyamai laju Ferrari atau Mercedes. Verstappen terlihat memiliki masalah karena mobilnya kehilangan daya dan harus menyudahi sesi latihan ketiga lebih cepat. Namun hal itu justru dibayar tuntas Verstappen saat balapan karena berhasil jadi juara meskipun rekannya Ricciardo cukup sial karena gagal finish.

 

Start Terdepan, Mercedes Gagal Finish

 

Berbanding terbalik dengan Verstappen atau Ferrari, Austria tampaknya jadi mimpi buruk bagi Mercedes. Bagaimana tidak, dua pebalap syair togel sgp andalan mereka yakni Hamilton dan Valtteri Bottas mampu start di posisi terdepan setelah tercepat waktu kualifikasi. Begitu dominan, Mercedes memang sangat tangguh sejak latihan bebas pertama di mana Hamilton dan Bottas gantian jadi juara di sesi latihan pertama dan kedua.

 

Balapan sendiri berawal dengan persaingan Hamilton dan Bottas di posisi terdepan serta  Ricciardo dan Raikkonen berikutnya demi mengejar posisi ketiga dan keempat. Hamilton masih memimpin hingga lap ke-14 tetapi Bottas terpaksa keluar karena insiden buruk yang diduga karena masalah hidrolik. Barulah di lap ke-17, Verstappen mulai mengejar Hamilton dan menempel di belakangnya, diikuti Ricciardo. Namun di lap ke-26, Hamilton mulai melambat dan mengalami masalah mirip Bottas sehingga tersingkir di lap ke-64. Hal ini membuat catatan 33 poin beruntun Hamilton pun terpaksa harus kandas di Austria.

Share This: